Pada dasarnya, setiap mubtada’ terletak diawal kalimat (jumlah). Akan
tetapi adakalanya khabar diletakan sebelum mubtada’ (al-khabar muqaddam) dan
mubtada’ diakhirkan sesudah khabar (al-mubtada muakhar).
1. Khabar boleh didahulukan sebelum
mubtada’ jika mubtada berupa isim ma’rifat, sedangkan khabarnya berupa syibhul
jumlah. Contoh:
اَلْقُرْاَنُ عَلَى الْمَكْتَبِ atau عَلَى الْمَكْتَبِ اَلْقُرْاَن
Alquran diatas meja - diatas meja ada
Alquran
اَلْمِصْبَاحُ فَوْقَ السَّقْفِ atau فَوْقَ السَّقْفِ اَلْمِصْبَاحُ
lampu ada di atas langit-langit - diatas
langit-langit ada lampu
اَلْكِتَابُ فِى الْحَقِيْبَةِ atau فِى الْحَقِيْبَةِ اَلْكِتَابُ
Kitab ada didalam tas - didalam tas ada
kitab
2. Khabar harus didahulukan sebelum
mubtada’ dengan syarat sebagai berikut:
a. Mubtada’ berupa isim nakirah, sedangkan
khabarnya berupa syibhul jumlah. Contoh:
فِى الْخِزَانَةِ لِبَاسٌ
فِى الْخِزَانَةِ لِبَاسٌ
di dalam lemari ada pakaian
عِنْدِى
سَيَّارَةٌ
Saya mempunyai mobil
b. Khabar berupa kata tanya (Ismul
istifham). Contoh:
مَتَى
الإِمْتِحَانُ؟
Kapan latihan ?
كَيْفَ
القِرَأَةُ؟
bagaimana membaca ?
اَيْنَ
كِتَابُكَ؟
dimana kitabmu ?
اَلْمُبْتَدَأُ
وَ الْخَبَرُ فِعْلٌ مُضَارِعٌ لِلْمُفْرَدِ
Mubtada’ adalah isim (kata) yang
terletak di awal kalimat (jumlah) dan berfungsi sebagai subjek. Adapun khabar
adalah isim yang terletak sesudah mubtada’ serta menyempurnakan pengertian
kalimat atau berfungsi sebagai predikat. Dalam bab ini, akan dibahas struktur
kalimat mubtada’ khabar dengan khabar yang terdiri dari fiil mudhari mufrad.
Khabar yang terdiri dari fiil mudhari mufrad merupakan khabar jumlah fi’liyah.
Fiil mudhari mufrad adalah fiil mudhari
dengan fail dhamir mustatir yang taqdirnya adalah dhamir mufrad, yaitu
اَنَا, اَنْتَ, اَنْتِ, هُوَ, هِيَ, نَحْنُ
Contoh:
اَنَا
اَنَامُ عَلَى السَّرِيْرِ
saya tidur di atas kasur
نَحْنُ نَقْرَاُ الْقُرْاَنَ
kita membaca Alqur'an
هِيَ
تَتْبَخُ فِى الْمَطْبَخِ
dia sedang memasak di dapur
sumber: http://ssyarof.blogspot.com
No comments:
Post a Comment