Friday 25 September 2020

العدد والمعدود

 

 

Ditinjau dari segi kata, lafadz العدد secara etimologi berarti hitungan bilangan. Sedang المعدود memiliki arti sesuatu yang dihitung.

Secara garis besar, العدد  terbagi menjadi dua, yaitu :

1.      ‘Adad Asli   (العدد الاصلي) ialah bilangan yang menunjukkan banyaknya sesuatu

2.      ‘Adad Tartib (العدد الترتيبى) Ialah bilangan yang menunjukkan urutan.

 

‘Adad asli di bagi menjadi empat :

1.      ‘Adad Mufrod    => 1-10

2.      ‘Adad murokab  => 11-19

3.      ‘Adad Uqud       => 20-90

4.      ‘Adad Ma’tuf     => 21-29 sampai dengan 91-99

         

Ada 2 rumus yang berlaku dalam penyusunan ‘adad ma’dud:

 

Jenis ‘adad sama dari jenis ma’dud

)jika ma’dud mudzakkar maka ‘adad mudzakkar, jika ma’dud mu’annats maka ‘adad mu’annats(

Rumus ini berlaku pada bilangan 1 & 2

معدود

عدد

+

+

المذكر مع المذكر

-

-

المؤنث مع المؤنث

 

Jenis ‘adad merupakan kebalikan dari jenis ma’dud

)Ma’dud mudzakkar maka ‘adad mu’annats, ma’dud mu’annats maka ‘adad mudzakkar(

Rumus ini berlaku pada bilangan selain 1 & 2 atau 3 dst

معدود

عدد

+

-

المذكر مع المؤنث

-

+

المؤنث مع المذكر

 

Catatan:

Untuk menentukan jenis ma’dud, maka dilihat dari bentuk mufrodnya. Apakah ia mudzakkar atau mu’annats.

 

BILANGAN 1 & 2

 

Pada bilangan ini berlaku rumus yang pertama, yakni jenis ‘adad sama dengan jenis ma’dudnya.

Bilangan 1 dan 2 terdapat pada beberapa ‘adad :

 

A.    ‘Adad Mufrod (العدد المفرد)

1.      Bilangan 1 pada adad mufrod berkedudukan sebagai na’at dan ma’dud sebagai man’ut, maka ‘adad selalu mengikuti ma’dudnya seperti ketentuan na’at man’ut.

Contoh :

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ رَجُلٌ وَاحِدٌ

 جَاءَتْ امْرَأَةٌ وَاحِدَةٌ

رَأَيْتُ رَجُلاً وَاحِدًا

رَأَيْتُ امْرَأَةً وَاحِدَةً

مَرَرْتُ بِرَجُلٍ وَاحِدٍ

مَرَرْتُ بِامْرَأَةٍ وَاحِدَةٍ

 

2.      Bilangan 2 pada adad mufrod seperti na’at man’ut (isim yang ikut pada isim lain dengan menjelaskan salah satu sifat pada isim yang diikuti).

Contoh :

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ رَجُلاَنِ اثْنَانِ

جَاءَتْ امْرَأَتاَنِ اثْنَتَانِ

رَأَيْتُ رَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ

رَأَيْتُ امْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ

مَرَرْتُ بِرَجُلَيْنِ اثْنَيْنِ

مَرَرْتُ بِامْرَأَتَيْنِ اثْـنَـتَيْنِ

 

B.     Adad Murokkab(العدد المركب)

Bilangan 1 dan 2 di ‘adad murokkab berubah menjadi 11 dan 12

Ketentuan:

1.      Untuk bilangan 11, bagian yang pertama menggunakan lafadz احـد untuk ma’dud mudzakar dan menggunakan lafadz احـدي untuk ma’dud muannats,

2.      Untuk bilangan 12 disamakan dengan isim tasniyah (berhukum mu’rob)

3.      Aturan yang berlaku pada ma’dud bilangan ini adalah:

a.    Berbentuk mufrod

b.   Dibaca nashob

c.    Sebagai Tamyiz

Contoh:     

Bilangan

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

11

حَاءَ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا

رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا

مَرَرْتُ بِأَحَدَ عَشَرَ كَوْكَباً

جَاءَتْ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

رَأَيْتُ اِحْدَي عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

مَرَرْتُ بِإِحْدَى عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

12

جَاءَ اثْنَا عَشَرَ كَوْكَبًا

رَأَيْتُ اثْنَىْ عَشَرَ كَوْكَبًا

مَرَرْتُ بِاثْـنَى عَشَرَ كَوْكَبًا

جَاءَتْ اثْنَتَا عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

رَأَيْتُ اثْنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

مَرَرْتُ بِاثْـنَتَىْ عَشْرَةَ مُسْلِمَةً

 

C.     ‘Adad Ma’thuf (العدد المعطوف)

Bilangan 1 dan 2 di ‘adad ma’thuf  berubah menjadi 21, 22, 31, 32 dan seterusnya hingga 91, 92.

Adapun aturan yang berlaku pada ma’dud bilangan ini adalah:

a.       Berupa mufrod

b.      Dibaca nashob

c.       Sebagai tamyiz

Contoh: 

Bilangan

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

21

جَاءَ أَحَدَ وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا

رَأَيْتُ أَحَدَ وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا

مَرَرْتُ بِأََحَدَ وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا

جاَءَتْ اِحْدَي وَعِشْروْنَ طَالِبَةً

رَأَيْتُ اِحْدَي وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً

مَرَرْتُ بِإِحْدَي وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً

22

جَاءَ اثْـنَانِ وَعِشْرُوْنَ طَالِبًا

رَأَيْتُ اثْنَيْنِ وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا

مَرَرْتُ بِاثْـنَيْنِ وَعِشْرِيْنَ طَالِبًا

جَاءَتْ اثْـنَتَانِ وَعِشْرُوْنَ طَالِبَةً

رَأَيْتُ اثْنَتَيْنِ وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً

مَرَرْتُ بِاثْنَتَيْنِ وَعِشْرِيْنَ طَالِبَةً

 

 

BILANGAN 3-9

Pada bilangan ini berlaku rumus yang kedua, yakni jenis ‘adad merupakan kebalikan dari jenis ma’dud.

Bilangan 3-9 itu bertempat dalam berbagai عدد  :

1.      عدد مفرد

Bilangan 3-9 bertempat dalam  عدد مفرد bilangannya tetap 3-9. Bilangan 10 juga masuk dalam aturan ‘adad ini.

Untuk bilangan ini, I’robnya adad adalah sesuai dengan tarkibnya.

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.   Jenis ‘adad merupakan kebalikan dari jenis ma’dudnya.

2.   Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

3.   Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer dengan kasroh)

Sedangkan aturan untuk ma’dudnya adalah sebagai berikut:

a.    Berupa jama’

b.   Dibaca Jer

c.    Ma’dud ditarkib sebagai mudlof ilaih dan ‘adad menjadi mudlofnya

 

Rumus:

معدود

عدد

+

-

-

+

 

Contoh:

معدود

عدد

أيام (+)

ستة (-)

سنوات (-)

ثلاث (+)

 

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ تِسْعَةُ طُلاَّبٍ

رَأَيْتُ تِسْعَةَ طُلاَّبٍ

مَرَرْتُ بِتِسْعَةِ طُلاَّبٍ

جَاءَتْ تِسْعُ طَالِبَاتٍ

رَأَيْتُ تِسْعَ طَالِبَاتٍ

مَرَرْتُ بِتِسْعِ طَالِبَاتٍ

 

 

Pembuangan ma’dud itu bisa diantisipasi dengan melihat ‘adad

Bahasa Arab itu kalau menyebutkan semalam itu artinya sehari semalam

 

2.      عدد مركب

Bilangan 3-9 itu bila bertempat dalam  عدد مركب maka bilangannya berubah menjadi 13-19.

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.   Jenis juz (bagian) yang pertama merupakan kebalikan dari jenis juz yang kedua dan ma’dudnya.

2.   Berhukum mabni fathah

 

مذكر

مؤنث

ثَلاَثَةَ عَشَرَ

ثَلاَثَ عَشْرَةَ

أَرْبَعَةَ عَشَرَ

أَرْبَعَ عَشْرَةَ

خَمْسَةَ عَشَرَ

خَمْسَ عَشْرَةَ

سِتَّةَ عَشَرَ

سِتَّ عَشْرَةَ

سَبْعَةَ عَشَرَ

سَبْعَ عَشْرَةَ

ثَمَانِيَةَ عَشَرَ

ثَمَانَ عَشْرَةَ

تِسْعَةَ عَشَرَ

تِسْعَ عَشْرَةَ

 

Sedangkan aturan untuk ma’dudnya adalah:

a.    Berupa mufrod

b.   Dibaca nashob

c.    Sebagai tamyiz

 

Rumus:                 

معدود

عدد

+

+

-

-

-

+

 

Contoh:

معدود

عدد

طَالِبًا

عَشَرَ

خَمْسَةَ

طَالِبَةً

عَشْرَةَ

خَمْسَ

 

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ خَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا

رَأَيْتُ خَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا

مَرَرْتُ بِخَمْسَةَ عَشَرَ طَالِبًا

جَاءَتْ خَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً

رَأَيْتُ خَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً

مَرَرْتُ بِخَمْسَ عَشْرَةَ طَالِبَةً

 

Keterangan:

عشرة  ketika mu’annats, ش   nya disukun. Adapun ketika mudzakkar,  ش  nya difathah

 

3.      العدد المعقود

Bilangan 3-9 itu bila bertempat dalam عدد معقود   maka bilangannya berubah menjadi 30-90. (ثَلاَثُوْنَأَرْبَعُوْنَخَمْسُوْنَسِتُّوْنَسَبْعُوْنَثَمَانُوْنَتِسْعُوْنَ). Termasuk dalam ‘adad ini adalah angka 20 (عِشْرُوْنَ)

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.   Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

2.   Tanda I’robnya adalah  sebagaimana tanda isim jama’ mudzakkar salim (rofa’ dengan wawu, nashob dengan ya’, jer dengan ya’)

Adapun aturan untuk ma’dudnya adalah:

a.    Berupa mufrod

b.   Dibaca nashob

c.    Sebagai Tamyiz

 

 

Contoh:                

المعدود المؤنث

المعدود المذكر

جَاءَتْ سَبْعُوْنَ طَالِبَةً

رَأَيْتُ سَبْعِيْنَ طَالِبَةً

مَرَرْتُ بِسَبْعِيْنَ طَالِبَةً

جَاءَ سَبْعُوْنَ طَالِبًا

رَأَيْتُ سَبْعِيْنَ طَالِبًا

مَرَرْتُ بِسَبْعِيْنَ طَالِبًا

 

4.      العدد المعطوف

Bilangan 3-9 itu bila bertempat dalam عدد معطوف    maka bilangannya berubah menjadi 23-29 sampai 93-99.  

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.      Jenis juz (bagian) yang pertama merupakan kebalikan dari jenis ma’dudnya.

2.      Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

3.      Tanda I’robnya adalah :

-          Untuk juz yang pertama sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer dengan kasroh)

-          Untuk juz yang kedua sebagaimana tanda I’rob isim jama’ mudzakkar salim (rofa’ dengan wawu, nashob dengan ya’ dan jer dengan ya’)

 

مذكر

مؤنث

ثَلاَثَةٌ وَعِشْرُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَعِشْرُوْنَ

خَمْسَةٌ وَعِشْرُوْنَ

سِتَّةٌ وَعِشْرُوْنَ

سَبْعَةٌ وَعِشْرُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَعِشْرُوْنَ

تِسْعَةٌ وَعِشْرُوْنَ

ثَلاَثٌ وَعِشْرُوْنَ

أَرْبَعٌ وَعِشْرُوْنَ

خَمْسٌ وَعِشْرُوْنَ

سِتٌّ وَعِشْرُوْنَ

سَبْعٌ وَعِشْرُوْنَ

ثَمَانٌ وَعِشْرُوْنَ

تِسْعٌ وَعِشْرُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

خَمْسَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

سِتَّةٌ وَثَلاَثُوْنَ

سَبْعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

تِسْعَةٌ وَثَلاَثُوْنَ

ثَلاَثٌ وَثَلاَثُوْنَ

أَرْبَعٌ وَثَلاَثُوْنَ

خَمْسٌ وَثَلاَثُوْنَ

سِتٌّ وَثَلاَثُوْنَ

سَبْعٌ وَثَلاَثُوْنَ

ثَمَانٌ وَثَلاَثُوْنَ

تِسْعٌ وَثَلاَثُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

خَمْسَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

سِتَّةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

سَبْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

تِسْعَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ

ثَلاَثٌ وَأَرْبَعُوْنَ

أَرْبَعٌ وَأَرْبَعُوْنَ

خَمْسٌ وَأَرْبَعُوْنَ

سِتٌّ وَأَرْبَعُوْنَ

سَبْعٌ وَأَرْبَعُوْنَ

ثَمَانٌ وَأَرْبَعُوْنَ

تِسْعٌ وَأَرْبَعُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَخَمْسُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَخَمْسُوْنَ

خَمْسَةٌ وَخَمْسُوْنَ

سِتَّةٌ وَخَمْسُوْنَ

سَبْعَةٌ وَخَمْسُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَخَمْسُوْنَ

تِسْعَةٌ وَخَمْسُوْنَ

ثَلاَثٌ وَخَمْسُوْنَ

أَرْبَعٌ وَخَمْسُوْنَ

خَمْسٌ وَخَمْسُوْنَ

سِتٌّ وَخَمْسُوْنَ

سَبْعٌ وَخَمْسُوْنَ

ثَمَانٌ وَخَمْسُوْنَ

تِسْعٌ وَخَمْسُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَسِتُّوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَسِتُّوْنَ

خَمْسَةٌ وَسِتُّوْنَ

سِتَّةٌ وَسِتُّوْنَ

سَبْعَةٌ وَسِتُّوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَسِتُّوْنَ

تِسْعَةٌ وَسِتُّوْنَ

ثَلاَثٌ وَسِتُّوْنَ

أَرْبَعٌ وَسِتُّوْنَ

خَمْسٌ وَسِتُّوْنَ

سِتٌّ وَسِتُّوْنَ

سَبْعٌ وَسِتُّوْنَ

ثَمَانٌ وَسِتُّوْنَ

تِسْعٌ وَسِتُّوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَسَبْعُوْنَ

خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ

سِتَّةٌ وَسَبْعُوْنَ

سَبْعَةٌ وَسَبْعُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَسَبْعُوْنَ

تِسْعَةٌ وَسَبْعُوْنَ

ثَلاَثٌ وَسَبْعُوْنَ

أَرْبَعٌ وَسَبْعُوْنَ

خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ

سِتٌّ وَسَبْعُوْنَ

سَبْعٌ وَسَبْعُوْنَ

ثَمَانٌ وَسَبْعُوْنَ

تِسْعٌ وَسَبْعُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَثَمَانُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَثَمَانُوْنَ

خَمْسَةٌ وَثَمَانُوْنَ

سِتَّةٌ وَثَمَانُوْنَ

سَبْعَةٌ وَثَمَانُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَثَمَانُوْنَ

تِسْعَةٌ وَثَمَانُوْنَ

ثَلاَثٌ وَثَمَانُوْنَ

أَرْبَعٌ وَثَمَانُوْنَ

خَمْسٌ وَثَمَانُوْنَ

سِتٌّ وَثَمَانُوْنَ

سَبْعٌ وَثَمَانُوْنَ

ثَمَانٌ وَثَمَانُوْنَ

تِسْعٌ وَثَمَانُوْنَ

ثَلاَثَةٌ وَتِسْعُوْنَ

أَرْبَعَةٌ وَتِسْعُوْنَ

خَمْسَةٌ وَتِسْعُوْنَ

سِتَّةٌ وَتِسْعُوْنَ

سَبْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ

ثَمَانِيَةٌ وَتِسْعُوْنَ

تِسْعَةٌ وَتِسْعُوْنَ

ثَلاَثٌ وَتِسْعُوْنَ

أَرْبَعٌ وَتِسْعُوْنَ

خَمْسٌ وَتِسْعُوْنَ

سِتٌّ وَتِسْعُوْنَ

سَبْعٌ وَتِسْعُوْنَ

ثَمَانٌ وَتِسْعُوْنَ

تِسْعٌ وَتِسْعُوْنَ

 

Adapun aturan untuk ma’dudnya adalah:

a.    Berupa mufrod

b.   Dibaca nashob

c.    Sebagai tamyiz

 

Contoh:

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ تِلْمِيْذًا

رَأَيْتُ خَمْسَةً وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذًا

مَرَرْتُ بِخَمْسٍ وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

جَاءَتْ خَمْسٌ وَسَبْعُوْنَ تِلْمِيْذَةً

رَأَيْتُ خَمْسًا وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

مَرَرْتُ بِخَمْسٍ وَسَبْعِيْنَ تِلْمِيْذَةً

 

BILANGAN RATUSAN

 

(100) => مائة

 

Bilangan 100 (مائة) itu masuk dalam kategori ‘adad mufrod.

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.      Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

2.      Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer dengan kasroh)

Adapun aturan untuk ma’dudnya adalah:

a.       Berupa mufrod

(Menurut ulama’ bashroh, ‘adadnya bilangan ratusan itu harus mufrod, sedangkan menurut ulama’ kufah, ‘adadnya bilangan ratusan itu boleh mufrod atau jama’)

b.      Dibaca jer

c.       Sebagai Mudlof ilaih

Rumus:           

معدود

عدد

+

(مائة) -

-

 

Contoh:

مثل اللذين ينفقون أموالهم فى سبيل الله كمثل حبة أنبتت سبع سنابل فى كل سنبلة مِائَةُ حَبَّةٍ

رَأَيْتُ مِائَةَ نَمْلٍ

مَرَرْتُ بِمِائَةِ اُسْتَاذٍ

 

 

200 => مائتان / مائتين

 

Bilangan ini merupakan bentuk tatsniyah dari 100,

Aturan untuk ‘adad ini adalah:

1.      Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

2.      Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda I’rob isim tatsniyah (rofa’ dengan alif, nashob dengan ya’ dan jer dengan ya’)

Adapun aturan ma’dudnya adalah:

a.       Berupa mufrod

b.      Dibaca jer

c.       Sebagai mudlof ilaih

Contoh:

جَاءَتْ مِائَتاَ رَجُلٍ /  جَاءَ مِائَتاَ رَجُلٍ

رَأَيْتُ مِائَتَيْ رَجُلٍ

سَلَّمْتُ عَلَى مِائَتَيْ رَجُلٍ

 

300-400-500-600-700-800-900 =>  ثَلاَثُمِائَةٍ – أَرْبَعُمِائَةٍ – خَمْسُمِائَةٍ – سِتُّمِائَةٍ – سَبْعُمِائَةٍ – ثَمَانُمِائَةٍ – تِسْعُمِائَةٍ 

 

Jika dirasio, bilangan 300-900 merupakan rangkaian ‘adad yang berasal dari ‘adad mufrod (3-9) yang dimudlofkan (disandarkan) dengan bilangan ratusan. Dengan demikian posisi bilangan ratusan di sini adalah menjadi ma’dudnya.

Maka dari itu kita kembali pada aturan ‘adad mufrod di atas, yakni :

1.      Juz yang pertama (bilangan 3-9) harus mudzakkar, sebab bilangan ratusan(مائة yang berkedudukan sebagai ma’dudnya berupa isim mu’annats.

2.      Bilangan 3-9 berhukum mu’rob sebagaimana tarkibnya, dengan menggunakan tanda I’rob sebagaimana tanda I’rob isim mufrod

3.      Bilangan ratusannya beri’rob jer karena menjadi mudlof ilaih.

4.      Bilangan ratusannya tetap berupa mufrod

 

معدود (-)

عدد (+)

مائة

ثلاث

 

Adapun aturan untuk ma’dud dari bilangan 300-900 adalah:

a.       Berupa mufrod

b.      Dibaca jer

c.       Sebagai mudlof ilaih  

 

Rumus:

معدود

عدد

+

-

+

-

 

 

Contoh:

معدود

عدد

رجل

مائة

ثلاث

امرأة

 

المعدود المذكر

المعدود المؤنث

جَاءَ ثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ

رَأَيْتُ ثَلاَثَمِائَةِ رَجُلٍ

مَرَرْتُ بِثَلاَثِمِائَةِ رَجُلٍ

جَاءَتْ ثَلاَثُمِائَةِ امْرَأَةٍ

رَأَيْتُ ثَلاَثَمِائَةِ امْرَأَةٍ

مَرَرْتُ بِثَلاَثِمِائَةِ امْرَأَةٍ

 

Keterangan tambahan:

Dalam al-Qur an terdapat suatu ayat:

ولبثوا فى كهفهم ثلاثمائة سنين... الأية

Qiro’ah kita adalah aliran bahsroh, menurut mereka ma’dud dari lafadh  مائة  harus mufrod, tidak boleh jama’. Dengan demikian, bacaan ayat di atas menurut mereka adalah    ثلاثمائةٍ سِنِيْنَ sehingga penta’wilan ayat tersebut adalah  ثَلاَثُمِائَةِ سَنَةٍ سِنِيْنَ

Sedangkan menurut ulama’ kufah yang berpendapat bahwa ma’dud dari lafadh  مائة itu boleh berupa mufrod dan boleh berupa jama’, maka mereka membaca ayat di atas dengan  ثَلاَثُمِائَةِ سِنِيْنَ 

Bilangan di atas ratusan, itu dapat disandingkan dengan 4 macam ‘adad, deskripsinya:

 

1.      ‘Adad mufrod

101-110 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad mufrod

2.      ‘Adad murokkab

111-119 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad murokkab

3.      ‘Adad ‘uqud

120-190 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad ma’qud

4.      ‘Adad bayan

121-129 s/d 191-199 itu berarti bilangan 100 disandingkan dengan ‘adad ma’thuf

 

Kalau seperti itu, maka boleh menggunakan 2 macam urutan:

1.                  الرتبة الكبرى          => bilangan yang besar didahulukan

2.      الرتبة الصغرى               => bilangan yang kecil didahulukan

 

Dan dalam hal ini, aturan untuk ma’dudnya adalah, ma’dud menyesuaikan dengan ‘adad yang paling dekat.

 

Contoh:

“Di masjid terdapat 305 laki-laki”

الرتبة الكبرى   فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَخَمْسَةُ رِجَالٍ

الرتبة الصغرى  فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ

“Di masjid terdapat 375 laki-laki”

الرتبة الكبرى   فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَخَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ رَجُلاً

الرتبة الصغرى  فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ وَثَلاَثُمِائَةِ رَجُلٍ


BILANGAN RIBUAN

 

1000 => ألف

 

Lafadh 1000 (ألف  adalah mudzakkar sebab tidak dijumpai tanda mu’annats  baik secara ma’nawi maupun lafdhi.

Aturan untuk ‘adadnya adalah:

1.      Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

2.      Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda I’rob isim mufrod (rofa’ dengan dlommah, nashob dengan fathah dan jer dengan kasroh)

Sedangkan aturan untuk ma’dudnya ألف   yaitu:

Berupa mufrod

Dibaca jer

Sebagai mudlof ilaih

Rumus:

معدود

عدد

+

+

-

 

Contoh:

أَلْفُ نَجْمٍ عَلَى السَّمَاءِ

دَفَعْتُ أَلْفَ رُوْبِيَّةٍ إِلَى الْبَائِعِ

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

 

2000 => ألفان / ألفين

 

Bilangan 2000 adalah bentuk tatsniyah dari lafadh ألف

Aturan untuk ‘adadnya adalah:

1.      Berhukum mu’rob sesuai dengan tarkibnya

2.      Tanda I’robnya adalah sebagaimana tanda I’rob isim tatsniyah (rofa’ dengan alif, nashob dengan ya’ dan jer dengan ya’)

Aturan ma’dudnya sama dengan  ألف, yakni:

Berupa mufrod

Dibaca jer

Sebagai mudlof ilaih

 

 

 

Rumus:

معدود

عدد

+

+

-

 

Contoh:

لِى أَلْفَا كِتَابٍ

اشْتَرَيْتُ أَلْفَيْ كِتَابٍ

مَرَرْتُ بِأَلْفَيْ طَيْرٍ

 

3000-9000

 

Jika dirasio, bilangan 3000-9000 merupakan rangkaian ‘adad yang berasal dari ‘adad mufrod (3-9) yang dimudlofkan (disandarkan) dengan bilangan ribuan. Dengan demikian posisi bilangan ribuan di sini adalah menjadi ma’dudnya.

Maka dari itu kita kembali pada aturan ‘adad mufrod di atas, yakni :

1.      Juz yang pertama (bilangan 3-9) harus mu’annats, sebab bilangan ribuan (ألف)  yang berkedudukan sebagai ma’dudnya berupa isim mudzakkar.

2.      Bilangan 3-9 berhukum mu’rob sebagaimana tarkibnya, dengan menggunakan tanda I’rob sebagaimana tanda I’rob isim mufrod

3.      Bilangan ribuannya beri’rob jer karena menjadi mudlof ilaih.

4.      Bilangan ribuannya berupa isim jama’

 

معدود (+)

عدد (-)

آلاَفٍ

ثَلاَثَةُ

آلاَفٍ

أَرْبَعَةُ

آلاَفٍ

خَمْسَةُ

آلاَفٍ

سِتَّةُ

آلاَفٍ

سَبْعَةُ

آلاَفٍ

ثَمَانِيَةُ

آلاَفٍ

تِسْعَةُ

 

Adapun aturan untuk ma’dud dari bilangan 3000-9000 adalah:

a.                   Berupa isim mufrod

b.      Dibaca jer

c.       Sebagai mudlof ilaih  

 

 

Rumus:

معدود

عدد

+

+

-

-

 

Contoh:

سَبْعَةُ آلاَفِ نَجْمٍ عَلَى السَّمَاءِ

دَفَعْتُ خَمْسَةَ آلاِفِ رُوْبِيَّةٍ إِلَى الْبَائِعِ

سَلَّمْتُ إِلَى ثَلاَثَةِ آلاَفِ اُسْتَاذٍ

Sebagaimana bilangan ratusan, bilangan di atas ribuan itu dapat disandingkan dengan 4 macam ‘adad, deskripsinya:

 

1.      ‘Adad mufrod

1001-1010 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad mufrod

2.      ‘Adad murokkab

1011-1019 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad murokkab

3.      ‘Adad ‘uqud

1020-1090 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad ma’qud

4.      ‘Adad bayan

1021-1029 s/d 1091-1099 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad ma’thuf

5.      ‘Adad ratusan

1100-1199 s/d 1900-1999 itu berarti bilangan 1000 disandingkan dengan ‘adad ratusan, atau disandingkan dengan ‘adad ratusan yang telah disandingkan dengan ‘adad lain pula.

 

Kalau seperti itu, maka boleh menggunakan 2 macam urutan:

1.                  الرتبة الكبرى          => bilangan yang besar didahulukan

2.      الرتبة الصغرى               => bilangan yang kecil didahulukan

 

Dan dalam hal ini, aturan untuk ma’dudnya adalah, ma’dud menyesuaikan dengan ‘adad yang paling dekat.

 

Contoh:

“Di masjid terdapat 3005 laki-laki”

الرتبة الكبرى   فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ وَخَمْسَةُ رِجَالٍ

الرتبة الصغرى  فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَثَلاَثَةُ آلاَفِ رَجُلٍ

 

“Di masjid terdapat 3075 laki-laki”

الرتبة الكبرى   فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ وَخَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ رَجُلاً

الرتبة الصغرى  فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ وَ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ رَجُلٍ

“Di masjid terdapat 3875 laki-laki”

الرتبة الكبرى   فِى الْمَسْجِدِ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ وَثَمَانُمِائَةٍ وَخَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ رَجُلاً

الرتبة الصغرى  فِى الْمَسْجِدِ خَمْسَةٌ وَسَبْعُوْنَ وَثَمَانُمِائَةٍ وَ ثَلاَثَةُ آلاَفٍ رَجُلٍ

 



No comments:

Post a Comment