Thursday 8 October 2020

SERBA SERBI KALIMAT DALAM BAHASA ARAB

 



Dalam bahasa ada 3 komponen penyusun bahasa yaitu huruf (الحرف) kemudian huruf-huruf yang berkumpul dan memiliki makna akan menjadi kata (الكلمة)  kemudian kata-kata bergabung akan menjadi sebuah kalimat (الجملة).

Sekarang, bagaimana dengan kalimat dalam bahasa arab?

a.       Setiap susunan kalimat (الجملة) terdiri atas subjek dan predikat. Susunan kalimat (الجملة) dalam bahasa arab ada dua macam, yaitu jumlah ismiyah (جملة إسمية) dan jumlah fi’liyah (جملة فعلية).

·         Jumlah ismiyah (جملة إسمية) adalah kalimat yang di awali oleh isim (إسم) / kata benda, contohnya أحمد يذهب إلى المدرسة  (didahului oleh kata ahmad yang merupakan kata benda)

·         jumlah fi’liyah (جملة فعلية) adalah kalimat yang didahului oleh fi’il (فعل) / kata kerja, contohnya يذهب أحمد إلى المدرسة (didahului oleh kata yadzhabu yang merupakan kata kerja)

untuk menterjemahkannya semua di terjemahkan “Ahmad Pergi Ke Sekolah” karena dalam bahasa indonesia tidak adanya kalimat benda dan kerja.

b.      Dalam susunan kalimat yang menggunakan Jumlah ismiyah (جملة إسمية) terdiri atas mubtada (مبتداء) / subjek dan khabar (خبر)  / predikat. mubtada (مبتداء) adalah kata benda yang terletak diawal susunan kalimat dan khabar (خبر)  adalah kata yang menjelaskan keadaan mubtada (مبتداء), khabar (خبر)  biasanya berupa sifat (صفة), isim (إسم), atau fiil (فعل).

c.       Dalam bahasa arab habar (خبر)   / predikat ada 3 macam, yaitu:

1.       Khabar Mufrod (خبر مفرد) yaitu predikat yang hanya terdiri dari isim (إسم) / kata benda.

Contohnya : هذا قلم، القلم قديم    (khabar yang bergaris bawah hanya 1 kata)

2.       Khabar Jumlah (خبر جملة) yaitu predikat yang terdiri atas susunan kalimat (جملة)

Contohnya : أنوار يقرأ الكتابَ  (artinya anwar membaca buku)

3.       Khabar Syibhul Jumlah (خبر شبه الجملة), yaitu predikat yang menyerupai kalimat biasanya tersusun dari jar majrur maupun dzaraf madzruf

Contoh:  القلم فى الحقيبة، الطالب امام السبورة (pulpen didalam tas) (Siswa di depan papan tulis)

d.      sim (إسم) / kata benda menurut jumlahnya terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

1.       isim mufrod (إسم مفرد) yaitu kata benda tunggal atau satu, ada isim mufrod mudzakar (kali-laki) (إسم مفرد مذكر) dan ada isim mufrod muannats (perempuan) (إسم مفرد مؤنث)  yang ditandai dengan penggunaan ta marbutoh (ة) di akhir kata.

contoh ada isim mufrod mudzakar (kali-laki) (إسم مفرد مذكر)

طالب، استاذ، مدرس، قلم، كتاب،  dll

Contoh isim mufrod muannats (perempuan) (إسم مفرد مؤنث)  

طالبة، استاذة، مدرسة، مكتبة، حقيبة، كراسة dll

2.       isim tasniyah/ mustanna (إسم مثنى) yaitu kata benda yang jumlahnya 2,  susunan isim mustanna(إسم مثنى) adalah isim mufrod (إسم مفرد) diberi tambahan huruf alif dan nun (ان) bila marfu (subjek) dan ya dan nun (ين) bila mansub (menjadi Objek).

Contohnya : الكتاباَنِ فىِ الخِزَانة (2 buku di dalam lemari)

                         أنا أشتري الكتابين (saya membeli 2 buku)

3.       isim jama’ (إسم جمع)  yaitu kata benda yang berjumlah tiga atau lebih. isim jama’ (إسم جمع)   dibagi atas 3 macam, yaitu:

·         isim jama’ mudzakar salim (إسم جمع مذكر السليم) jama’ untuk benda berjenis laki-laki. Cara menyusunnya dengan menambahkan wawu dan nun (ون)ketika menjadi subjek atau ya’ dan nun (ين) ketika menjadi objek.

Contohnya: مُسْلِمٌ – مُسْلِمُوْنَ – مُسْلِمِيْنَ

ذهب مسلمون إلى المسجد  orang-orang muslim laki-laki pergi ke mesjid

رأيت مسلمين فى الميدان   saya melihat orang-orang muslim laki-laki di lapangan

·         isim jama’ muannats salim  (إسم جمع مؤنث السليم) jama untuk benda berjenis perempuan. Cara menyusunnya adalah dengan menambahkan alif dan ta (ات) dan di harokati dhomah tain ketika menjadi subjek dan menambahkan alif dan ta (ات) dan berharokat kasroh tain ketika objek

contohnya : مسلمةٌ – مسلماتٌ – مسلماتٍ

ذهبت مسلماتٌ إلى المسجد orang-orang muslim perempuan pergi ke mesjid

رأيت مسلماتٍ فى الميدان saya melihat orang-orang muslim perempuan di lapangan

·         isim jama’ taksir(إسم جمع التكثير)  adalah jama yang tidak beraturan.

Contohnya : مسجد – مساجد، قلم – أقلام، كتاب – كتب dll

e.      Jumlah ismiyah (جملة إسمية) yang mubtada (مبتداء)nya di letakkan di belakang khabar (خبر)  disebut dengan mubtada muakhor (مبتداء مؤخر) dan khabar (خبر)  yang di letakkan di depan mubtada (مبتداء) disebut dengan khabar muqoddam (خبر مقدم). Kalimat yang terdiri atas khabar muqaddam (خبر مقدم) dan  mubtada muakhor (مبتداء مؤخر)biasanya disusun apabila khabar (خبر)  adalah berupa khabar syibhul jumlah (خبر شبه الجملة). Perhatikan tabel berikut:

جملة

جملة

خبر

مبتداء

خبر

مبتداء

طالب

أمام السبورة

أمام السبورة

الطالب

المنضدة

فى الفصل

فى الفصل

المنضدة

المقصف

بجوار الإدارة

بجوار الإدارة

المقصف

 

f.        Dalam susunan kalimat jumlah ismiyah (جملة إسمية) yang khabar (خبر)  nya berupa khabar jumlah (خبر جملة) bisa diikuti dengan maf’ul bih (مفعول به) / objek. Kalimat yang bergaris bawah disini adalah objek / maf’ul bih (مفعول به)

خبر جملة

مبتداء

يقرأ درس اللغة العربية

علي

تقرأ الكتب التاريخ فى المكتبة

انتَ

تأكل الطعام فى المقصف

مريم

تعلمين التلميذات

انتِ

g.       I’rob maf’ul bih (مفعول به) adalah mansub (منصوب) / fathah untuk isim mufrod (إسم مفرد) dan jama’ taksir (جمع التكثير), ya (ي) untuk isim musanna (إسم مثنى) dan kasroh (ــِـ) untuk jama’ muannast salim (جمع مؤنث سالم)

 

No comments:

Post a Comment