Monday, 13 November 2017

Hukum Maulid Nabi

 
Saya merasa tak pantas menjawab pertanyaan ini, saya nukilkan beberapa pendapat ulama:

PENDAPAT AL-HAFIZH IBNU HAJAR AL-‘ASQALANI:
وقد سئل شيخ الإسلام حافظ العصر أبو الفضل بن حجر عن عمل المولد فأجاب بما نصه: أصل عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد من السلف الصالح من القرون الثلاثة ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب ضدها كان بدعة حسنة وإلا فلا قال وقد ظهر لي تخريجها على أصل ثابت وهو ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم فقالوا هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما من به في يوم معين من إسداء نعمة أو دفع نقمة ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة والشكر لله يحصل بأنواع العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم_ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي

Syaikhul Islam Hafizh al-‘Ashr Abu al-Fadhl Ibnu Hajar ditanya tentang maulid nabi. Beliau menjawab:
Asal perbuatan malid adalah bid’ah. Tidak ada riwayat dari seorang pun dari kalangan Salafushaleh dari tiga abad pertama tentang itu. Akan tetapi maulid mengandung banyak kebaikan dan lawannya. Siapa yang mencari kebaikan dan menghindari lawannya, maka itu adalah bid’ah hasanah. Jika tidak, maka tidak dapat dianggap bid’ah hasanah. Terlihat jelas bagi saya mengeluarkan hukumnya dari dasar yang kuat, yaitu hadits yang disebutkan dalam Shahih al-Bukhari dan Shahih Muslim, bahwa Rasulullah Saw ketika tiba di Madinah, ia dapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari ‘Asyura. Ia bertanya kepada mereka, mereka menjawab, bahwa itu adalah hari Allah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan Musa. Maka kami berpuasa bersyukur kepada Allah”. Maka dapat diambil pelajaran dari itu bahwa bersyukur kepada Allah pada hari tertentu disebabkan mendapat nikmat atau ditolaknya bala, itu dapat dijadikan perbandingan. Pada hari itu setiap tahun. Syukur kepada Allah dapat diungkapkan dengan berbagai jenis ibadah seperti sujud, berpuasa, sedekah dan membaca al-Qur’an. Adakah nikmat yang lebih besar daripada nikmat dimunculkannya nabi ini, nabi rahmat pada hari itu?!


PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN AL-JAZARI:
إمام القراء الحافظ شمس الدين بن الجزري قال في كتابه المسمى عرف التعريف بالمولد الشريف ما نصه قد رؤى أبو لهب بعد موته في النوم فقيل له ما حالك فقال في النار إلا أنه يخفف عني كل ليلة اثنين وأمص من بين أصبعي ماء بقدر هذا- وأشار لرأس أصبعه- وأن ذلك بإعتاقي لثويبة عندما بشرتني بولادة النبي صلى الله عليه وسلم وبإرضاعها له. فإذا كان أبو لهب الكافر الذي نزل القرآن بذمه جوزي في النار بفرحه ليلة مولد النبي صلى اله عليه وسلم به فما حال المسلم الموحد من أمة النبي صلى اله عليه وسلم يسر بمولده ويبذل ما تصل إليه قدرته في محبته صلى الله عليه وسلم لعمري إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن يدخله بفضله جنات النعيم._ الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي

Imam para ahli Qira’at, al-Hafizh Syamsuddin bin al-Jazari, ia berkata dalam kitab ‘Urf at-Ta’rif bi al-Maulid asy-Syarif, teksnya:
“Abu Lahab diperlihatkan di dalam mimpi setelah ia mati, ditanyakan kepadanya, “Bagaimana keadaanmu?”. Ia menjawab, “Di dalam neraka, hanya saja azabku diringankan setiap malam Senin. Aku menghisap air diantara jari jemariku sekadar ini – ia menunjuk induk jarinya-. Itu aku dapatkan karena aku memerdekakan Tsuwaibah ketika ia memberikan kabar gembira kepadaku tentang kelahiran Muhammad dan ia menyusukan Muhammad”.
Jika Abu Lahab yang kafir, kecamannya disebutkan dalam al-Qur’an, ia diberi balasan di dalam neraka karena kelahiran nabi Muhammad dan apa yang telah ia berikan karena sayangnya kepada nabi Muhammad. Maka demi usiaku, balasan bagi orang yang bahagia dengan kelahiran nabi Muhammad Saw adalah memasukkannya ke dalam surga.

PENDAPAT AL-HAFIZH SYAMSUDDIN BIN NASHIRUDDIN AD-DIMASYQI:
وقال الحافظ شمس الدين بن ناصر الدين الدمشقي في كتابه المسمى مورد الصادي في مولد الهادي قد صح أن أبا لهب يخفف عنه عذاب النار في مثل يوم الاثنين لإعتاقه ثويبة سرورا بميلاد النبي صلى الله عليه وسلم ثم أنشد:
إذا كان هذا كافرا جاء ذمه * وتبت يداه في الجحيم مخلدا
أتى أنه في يوم الاثنين دائما * يخفف عنه للسرور بأحمدا
فما الظن بالعبد الذي طول عمره * بأحمد مسرورا ومات موحدا
الكتاب : الحاوي للفتاوي للسيوطي

Al-Hafizh Syamsuddin bin Nashiruddin ad-Dimasyqi berkata dalam kitabnya berjudul: Mawrid ash-Shadi fi Maulid al-Hadi:
“Shahih bahwa Abu Lahab diringankan azabnya pada hari Senin karena ia memerdekakan Tsuwaibah karena gembira atas kelahiran Rasulullah Saw”. Kemudian beliau bersyair:
Jika seorang kafir yang telah dikecam * Kekal di dalam neraka Jahim
Diriwayatkan bahwa setiap hari Senin * Diringankan azabnya karena senang atas kelahirannya
Bagaimanakah prasangka terhadap hamba yang seumur hidupnya *
Bahagia dengan kedatangan Ahmad dan mati dalam keadaan bertauhid?!


PENDAPAT SYEKH DR.YUSUF AL-QARADHAWI.
حكم الاحتفال بالمولد النبوي
موقع القرضاوي/19-3-2008
Hukum memperingati maulid nabi.
Web Syekh Yusuf al-Qaradhari/ 19 Maret 2008
تلقى فضيلة العلامة الدكتور يوسف القرضاوي - رئيس الإتحاد العالمي لعلماء المسلمين - استفساراً من أحد القراء يقول فيه: شيخي الجليل يعلم الله أني أحبك في الله، وبمناسبة قرب مولد الحبيب صلى الله عليه وسلم ما حكم الاحتفال بهذه المناسبة؟ وما واجبنا تجاه الحبيب صلى الله عليه وسلم؟
Al-‘Allamah DR.Yusuf al-Qaradhawi –ketua persatuan ulama dunia- menerima permohonan agar diberikan penjelasan dari salah seorang pembaca, ia nyatakan: “Wahai Syekh saya yang mulia, Allah Maha Mengetahui bahwa saya menyayangi Anda karena Allah. Bertepatan dengan mendekatnya hari kelahiran nabi Muhammad Saw. Apakah hukum merayakan maulid nabi? Apa kewajiban kita terhadap Rasulullah?
وقد أجاب فضيلته على السائل بقوله: بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وبعد:
فهناك لون من الاحتفال يمكن أن نقره ونعتبره نافعاً للمسلمين، ونحن نعلم أن الصحابة رضوان الله عليهم لم يكونوا يحتفلون بمولد الرسول صلى الله عليه وسلم ولا بالهجرة النبوية ولا بغزوة بدر، لماذا؟
Syekh Dr. Yusuf al-Qaradhawi menjawab:
Bismillah, walhamdu lillah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Saw, wa ba’du:
لأن هذه الأشياء عاشوها بالفعل، وكانوا يحيون مع الرسول صلى الله عليه وسلم، كان الرسول صلى الله عليه وسلم حياً في ضمائرهم، لم يغب عن وعيهم، كان سعد بن أبي وقاص يقول: كنا نروي أبناءنا مغازي رسول الله صلى الله عليه وسلم كما نحفِّظهم السورة من القرآن، بأن يحكوا للأولاد ماذا حدث في غزوة بدر وفي غزوة أحد، وفي غزوة الخندق وفي غزوة خيبر، فكانوا يحكون لهم ماذا حدث في حياة النبي صلى الله عليه وسلم، فلم يكونوا إذن في حاجة إلى تذكّر هذه الأشياء.
Karena berbagai peristiwa itu benar-benar mereka alami, mereka hidup bersama Rasulullah Saw. Rasulullah Saw hidup dalam hati mereka, tidak pernah hilang dari kesadaran mereka. Sa’ad bin Abi Waqqash berkata: “Kami meriwayatkan kepada anak-anak kami tentang peperangan Rasulullah Saw sebagaimana kami menghafalkan surat dari al-Qur’an kepada mereka”. Mereka menceritakan kepada anak-anak mereka tentang peristiwa yang terjadi pada perang Badar, Uhud, Khandaq, Khaibar, mereka menceritakan apa yang terjadi pada kehidupan Rasulullah Saw. Oleh sebab itu mereka tidak perlu mengingat-ingat berbagai peristiwa tersebut.
ثم جاء عصر نسي الناس هذه الأحداث وأصبحت غائبة عن وعيهم، وغائبة عن عقولهم وضمائرهم، فاحتاج الناس إلى إحياء هذه المعاني التي ماتت والتذكير بهذه المآثر التي نُسيت، صحيح اتُخِذت بعض البدع في هذه الأشياء ولكنني أقول إننا نحتفل بأن نذكر الناس بحقائق السيرة النبوية وحقائق الرسالة المحمدية، فعندما أحتفل بمولد الرسول فأنا أحتفل بمولد الرسالة، فأنا أذكِّر الناس برسالة رسول الله وبسيرة رسول الله.
Kemudian tibalah masa manusia melupakan berbagai peristiwa tersebut. Berbagai peristiwa itu terlupakan dari ingatan mereka, hilang dari akal dan hati mereka. Manusia perlu menghidupkan makna-makna yang telah mati, mengingatkan peninggalan-peninggalan yang terlupakan. Benar bahwa beberapa bentuk bid’ah telah terjadi dalam masalah ini, akan tetapi saya katakana bahwa kita memperingati maulid nabi dengan mengingatkan manusia tentang hakikat kebenaran sejarah nabi, hakikat risalah nabi Muhammad Saw. Ketika saya merayakan maulid nabi, maka saya sedang merayakan lahirnya risalah Islam, saya mengingatkan manusia tentang risalah Rasulullah Saw dan sejarah Rasulullah Saw.
وفي هذه المناسبة أذكِّر الناس بهذا الحدث العظيم وبما يُستفاد به من دروس، لأربط الناس بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم (لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا) [الأحزاب 21] لنضحي كما ضحى الصحابة، كما ضحى علِيّ حينما وضع نفسه موضع النبي صلى الله عليه وسلم، كما ضحت أسماء وهي تصعد إلى جبل ثور، هذا الجبل الشاق كل يوم، لنخطط كما خطط النبي للهجرة، لنتوكل على الله كما توكل على الله حينما قال له أبو بكر: والله يا رسول الله لو نظر أحدهم تحت قدميه لرآنا، فقال: "يا أبا بكر ما ظنك في اثنين الله ثالثهما، لا تحزن إن الله معنا".
Pada momen peringatan maulid nabi ini saya mengingatkan manusia tentang peristiwa besar dan pelajaran-pelajaran yang dapat dipetik, agar saya dapat mempererat hubungan antara manusia dengan sejarah nabi Muhammad Saw, “Sesungguhnya bagi kamu dalam diri Rasulullah Saw itu terdapat suri tauladan yang baik, bagi orang yang mengharapkan Allah dan hari akhirat dan mengingat Allah sebanyak-banyaknya”. (Qs. al-Ahzab: 21). Agar kita dapat berkorban seperti para shahabat berkorban, sebagaimana Ali mengorbankan dirinya ketika ia meletakkan dirinya di tempat Rasulullah Saw. Sebagaimana Asma’ berkorban ketika ia naik ke jabal Tsaur, bukit yang terjal. Agar kita membuat strategi sebagaimana Rasulullah Saw membuat strategi hijrah. Agar kita bertawakkal sebagaimana Rasulullah Saw bertawakkal kepada Allah ketika Abu Bakar berkata kepadanya, “Demi Allah wahai Rasulullah, andai salah seorang dari mereka melihat di bawah kakinya, pastilah mereka melihat kita”. maka Rasulullah Saw menjawab, “Wahai Abu Bakar, jika menurutmu ada dua, maka Allah yang ketiga. Jangan bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”.
نحن في حاجة إلى هذه الدروس فهذا النوع من الاحتفال تذكير الناس بهذه المعاني، أعتقد أن وراءه ثمرة إيجابية هي ربط المسلمين بالإسلام وربطهم بسيرة النبي صلى الله عليه وسلم ليأخذوا منه الأسوة والقدوة، أما الأشياء التي تخرج عن هذا فليست من الاحتفال؛ ولا نقر أحدًا عليها.
Kita sangat membutuhkan pelajaran-pelajaran ini. peringatan seperti ini mengingatkan manusia kepada makna-makna ini. saya yakin bahwa di balik peringatan maulid nabi ada hasil yang positif, yaitu mengikatkan kembali kaum muslimin dengan Islam, mengikatkan mereka dengan sejarah Rasulullah Saw, agar mereka menjadikannya sebagai suri tauladan dan contoh. Adapun hal-hal yang keluar daripada ini, maka bukan bagian dari peringatan maulid nabi dan kami tidak mengakui seorang pun untuk melakukannya.
Sumber:
https://somadmorocco.blogspot.co.id/2012/01/apa-hukum-peringatan-maulid-ustadz.html

No comments:

Post a Comment