وننبهك إلى أن الفقهاء اتفقوا على أن العمل الكثير يبطل الصلاة، واختلفوا
في تحديد الكثرة، ولم يصح حديث عن النبي صلى الله عليه وسلم بأن ثلاث حركات
تبطل الصلاة، وإنما هو تحديد من بعض الفقهاء.
وعليه فلا يصح الإنكار على من حرك أصبعه في الصلاة
،
Kami
ingatkan kepada Anda bahwa para ahli Fiqh sepakat bahwa perbuatan
banyak membatalkan shalat. Mereka berbeda pendapat tentang batasan
banyak. Tidak shahih hadits dari Rasulullah Saw bahwa tiga gerakan
membatalkan shalat. Batasan itu dari sebagian ahli fiqh. Oleh sebab itu
tidak dibenarkan mengingkari orang yang menggerakkan jarinya dalam
shalat.
فقد ذهب إلى ذلك أئمة ومنهم المالكية رحمهم الله فإنهم يرون تحريك الأصبع في التشهد كله ويكون تحريكها يمينا وشمالا لا فوق وتحت،
والحنابلة يرون الإشارة بها عند ذكر لفظ الجلالة (الله) والحنفية يرون أنه يشار بها عند قول (لا إله) وضمها عند قول (إلا الله)
والشافعية يرون الإشارة بها عند قول (إلا الله) إلى بقية التشهد دون تحريك
Menurut
Mazhab Maliki: menggerakkan jari telunjuk dari awal hingga akhir
tasyahhud. Digerakkan ke kanan dan ke kiri, bukan ke atas dan ke bawah.
Menurut Mazhab Hanbali: mengangkat telunjuk ketika pada lafaz Allah (إلا الله).
Menurut
Mazhab Hanafi: mengangkat telunjuk pada lafaz: La Ilaha (لا إله).
Kemudian kembali menurunkan telunjuk pada lafaz: Illa Allah (إلا الله).
Menurut
Mazhab Syafi’I: mengangkat telunjuk pada lafaz: Illallah (إلا الله),
hingga akhir Tasyahhud berakhir, tanpa menggerakkan telunjuk.
لما
رواه أحمد والنسائي وأبو داود وغيرهم عن وائل بن حجر رضي الله عنه، أنه قال
في صفة صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثم قعد فافترش رجله اليسرى
ووضع كفه اليسرى على فخذه وركبته اليسرى، وجعل حد مرفقه الأيمن على فخذه
اليمنى، ثم قبض ثنتين من أصابعه وحلق حلقة ثم رفع إصبعه فرأيته يحركها يدعو
بها.
Berdasarkan riwayat Imam Ahmad, an-Nasa’i, Abu Daud dan
lainnya, dari Wa’il bin Hajar, ia berkata tentang sifat shalat nabi:
“Kemudian Rasulullah Saw duduk iftirasy; menduduki kaki kiri, meletakkan
telapak tangan kiri diatas paha dan lutut kiri. Meletakkan siku kanan
diatas paha kanan. Kemudian menggenggam kedua jari tangannya dan membuat
lingkaran, kemudian mengangkat salah satu jemarinya, saya melihatnya
menggerakkannya sambil berdoa.
قال الإمام البيهقي رحمه الله: يحتمل
أن يكون مراده بالتحريك الإشارة بها لا تكرار تحريكها، حتى لا يعارض حديث
ابن الزبير عند أحمد وأبي داود والنسائي وابن حبان في صحيحه بلفظ: "كان
يشير بالسبابة ولا يحركها، ولا يجاوز بصره إشارته". قال الحافظ في التلخيص
الحبير: وهذا الحديث أصله في مسلم دون قوله: ولا يجاوز بصره إشارته.
Imam
al-Baihaqi berkata: “Ada kemungkinan mengandung makna bahwa yang
dimaksud dengan kalimat ‘menggerakkan’, maksudnya adalah menunjuk, bukan
menggerakkannya berkali-kali, agar tidak bertentangan dengan hadits
riwayat Ibnu az-Zubair dalam riwayat ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i dan Ibnu
Hibban dengan lafaz: “Rasulullah Saw menunjuk dengan jari telunjuk,
tidak menggerakkannya. Pandangan matanya tidak melewati telunjuknya”.
Al-Hafizh
berkata dalam at-Talkhish al-Habir: “Asal hadits ini dalam Shahih
Muslim, tanpa kalimat: “Pandangan matanya tidak melewati telunjuknya”.
والحاصل
أن المسألة من مسائل الخلاف بين أهل العلم، ولكل رأيه، ولا ينبغي للمسلم
أن يضيق صدره ذرعا بالخلاف فيها، فإن اتفاق العلماء حجة قاطعة واختلافهم
رحمة واسعة. والله أعلم.
Kesimpulannya, masalah ini adalah
masalah khilafiyah diantara para ulama, setiap ulama punya pendapat
masing-masing, tidak selayaknya seorang muslim merasa bersempit dada
terhadap ikhtilaf dalam masalah ini. Karena kesepakatan ulama itu hujjah
yang kuat, sedangkan ikhtilaf ulama itu rahmat yang luas. Wallahu
a’lam.
diterjemahkan dari islamweb.com
Sumber: https://somadmorocco.blogspot.co.id/2012/02/menggerakkan-telunjuk-ketika-tasyahud.html
No comments:
Post a Comment