Monday 13 August 2018

Cara Mensetting Komputer atau Laptop Berbahasa Arab di Microsoft Office



Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak di gunakan di dunia. Maka dari itu tidaklah aneh jikalau bahasa arab menjadi populer. Tapi ada satu masalah yaitu bagaimana cara untuk membuat karya tulis / tulisan menggunakan bahasa Arab. Mungkin ada beberapa yang menganggap cara untuk mengetik ketikan Arab yaitu melalui fungsi Insert yang ada di Ms. Word.

Memang tidak salah menggunakan Insert di MS. Word tapi muncul beberapa masalah yaitu lamanya dalam pengetikan karena kita buka mengetik melainkan memasukkan huruf satu persatu melalui klik. Kemudian fungsi insert tidak bisa mengeluarkan harokat yang ada pada mode ketik biasa.
Oleh karena itu kita harus mengganti mode insert menjadi mengetik seperti biasa. Tapi ada cara yang lebih mudah yaitu mengubah mode keyboard yang tadinya mengetik latin menjadi arabic. Caranya yaitu:
1.      Buka Control Panel yang ada pada start menu.

2.      Pada menu Clock, Language and Region pilih bagian Change keyboard or other input methods.























3.      Kemudian akan keluar kotak dialog Region and Language setelah itu pilih change keyboard

4.    Setelah itu akan muncul kotak dialog text service and input language, pilihlah add



5.      Setelah dipilih add maka akan keluar lagi kotak dialog add input language, cari Arabic (saudi arabia) dengan keyboard 101 di centang.

6.      Setelah itu klik ok, maka akan keluar menu baru di taskbar 

7.      EN berarti mode keyboard dalam bahasa Inggris (Latin) ketika kita ingin mengetik ketikan Arab maka pilih AR Arabic (Saudi Arabia) atau pada keyboard kita tinggal menekan tombol Shift dan Alt bersamaan. Maka kita sudah bisa mengetik dalam Bahasa Arab


No comments:

Post a Comment